MAKALAH FAKTOR MANUSIA

FAKTOR MANUSIA



Oleh
         WALTERNUS NGGETA WAWO
                                                                   NIM:2018710439

UNIVERSITAS FLORES
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
PRODI SISTEM INFORMASI
ENDE
2019










KATA PENGANTAR

       Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, berkat ridho dan karunia-Nya sehingga kami  menyelesaikan  makalah  ini dapat diselesaikan.Makalah ini di buat dalam rangka pembuatan tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer di perlukan selain untuk memenuhi tugas mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer juga di perlukan untuk mendapatkan suatu pengetahuan tentang Faktor Manusia.









DAFTAR ISI

HALAMAN COVER
KATA PENGANTAR                                                                          
DAFTAR ISI                                                                                        
BAB I   PENDAHULUAN                                                                                 
1.1.   Latar Belakang                                                                               
1.2.    Rumusan Masalah                                                                           
1.3.    Tujuan                                                                                             
BAB II    PEMBAHASAAN                                                                                              
1.      Pengertian interaksi manusia dan computer
2.      Faktor manusia
a.       Penglihatan
b.      Penglihatan
c.        Pendengaran
d.       Sentuhan
e.        Pemodelan sistem pengolahan, dan
f.        Pengendaliah motorik


BAB III  PENUTUP                                                                                            
A.     Kesimpulan                                                                                    
DAFTAR PUSTAKA                                                                           







BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang
        Komputer merupakan suatu alat pemprosessan data yang kompleks yang terdiri hari hardware dan software.Komputer digunakan untuk memudahkan manusia mengerjakan berbagai hal seperti perhitungan ataupun hal-hal yang lainnya.Komputer zaman dahulu mungkin hanya bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana saja namun berjalannya waktu, teknologi pun semakin maju dan pesat sehingga komputer sekarang dapat membantu manusia dalam mengerjakan hal-hal yang rumit sekalipun.
Komputer kontemporer adalah mesin hitung elektronik cepat yang menerima informasi input terdigitalisasi, mengolahnya sesuai dengan daftar instruksi yang tersimpan secara internal dan memberikan informasi output hasil. Daftar instruksi itu disebut program komputer, dan penyimpanan internalnya disebut memori komputer.
Pada awalnya komputer tersusun dari perangkat keras yang masih bekerja secara mekanis dengan digerakkan oleh mesin uap maupun tenaga manusia.Beberapa contoh komputer mekanis adalah mesin diferensial dan mesin analitis buatan Charles Babbage (1792-1871).Pada jaman modern saat ini, hampir semua komputer mengadopsi arsitektur yang dibuat oleh John von Neumann (1903-1957). Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit  pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.
1.2  Rumusan Masalah
       Berdasarkan judul makalah yang kami buat ini, maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah apa saja faktor pada manusia dalam melakukan interaksi dengan komputer dan bagaimana cara manusia melaukan interaksi tersebut?
1.3  Tujuan
Berdasarkan rumusan makalah yang kami buat ini maka tujuan makalah yang kami buat ini adalah supaya pembaca mampu mengerti dan memahami faktor-faktor manusia dalam melakukan hubungan interaksi manusia dengan kompuer (IMK) yang meliputi :
1.      Penglihatan
2.       Pendengaran
3.       Sentuhan
4.       Pemodelan sistem pengolahan, dan
5.       Pengendaliah motorik



BAB II
PEMBAHASAN
1.      PENGERTIAN INTERAKSI MANUSIA  DAN KOMPTER
Interaksi manusia dan computer disebut human-kompter interaction (HCI) adlah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan computer ,meliputi perancangan,evaluasi ,dan implentasikan  antarmuka pengguna komputer   agar muda digunakan oleh manusia.
Pengertian IMK sedang kan  interaksi manusia dan computer merupakan serangkain proses dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan computer dimana keduanya saling memberkan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diterapkan .sistem harus  sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang  berorentasi kepada manusia sebagai pemakai.
2.      FAKTOR MANUSIA
Faktor yang paling penting dalam interaksi manusia dan komputer adalah Manusia.Karena manusia sebagai pembuat dan pengguna sangatlah di utamankan.Faktor manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi.
Ada beberapa aspek faktor manusia dalam melakukan interaksi dengan komputer diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Penglihatan
Penglihatan pada manusia tentu berkaitan dengan mata. Fungsi mata ini untuk   menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur dan warna. Dalam dunia nyata, mata selalu digunakan untuk melihat semua bentuk 3 dimensi.Sedangkan dalam sistem komputer yang menggunakan layar 2 dimensi, mata kita dipaksa untuk dapat mengerti bahwa obyek pada layar tampilan tersebut harus dipahami sebagai obyek 3 dimensi
.
Dalam faktor manusia dari segi penglihatan yaitu mata ada beberapa faktor yang mempengaruhi penglihatan kita, yaitu :
a)      Luminans
Luminans adalah banyaknya cahaya yang dipantulkan permukaan objek. Semakin besar luminans dari sebuah objek, rincian objek yang dapat dilihat oleh mata juga akan semakin bertambah. Besarnya luminans sebuah obyek atau layar tampilan juga akan menyebabkan mata bertambah sensitif terhadap kedipan (flicker).
b)      Kontras
Kontras adalah hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu objek dan cahaya dari latar belakang objek tersebut.Untuk mendapatkan nilai kontras ini dengan melihat selisih antara luminans objek dengan latar belakangnya dibagi dengan luminans latar belakang.Sehingga obyek dapat mempunyai kontras negatif atau positif tergantung dari luminans obyek itu terhadap luminans latar belakangnya.
c)      Kecerahan
Kecerahan adalah tanggapan subyektif terhadap cahaya





d)      Sudut dan Ketajaman Penglihatan
Sudut penglihatan (visual angle) adalah sudut yang berhadapan oleh objek pada mata.Sudut penglihatan ini mengindikasikan seberapa banyak area dari pandangan objek yang tertangkap (berhubungan dengan ukuran dan jarak dari mata). Sedangkan ketajaman penglihatan adalah kemampuan mata untuk mempersepsikan gambaran detail objek yang dipandang dengan jelas.
2.      Medan Penglihatan
Medan penglihatan adalah sudut yang dibentuk ketika mata bergerak kekiri terjauh dan kekanan terjauh. Medan penglihatan dibagi empat daerah yaitu :
a.       Penglihatan binokuler: Daerah dimana kedua mata mampu melihat sebuah obyek dalam keadaan yang sama. Pada daerah ini, mata dapat bergerak kekiri dan ke kanan sejauh sudut 62° sampai 74°.
b.      Penglihatan monokuler kiri: Daerah dimana mata kiri dapat bergerak ke sudut paling kiri.
c.       Penglihatan monokuler kanan: Daerah dimana mata kanan dapat bergerak ke sudut paling kanan.
d.      Daerah buta: Daerah yang tidak dapat dilihat oleh kedua mata.
e.         Warna
Warna adalah hasil dari cahaya yang terbentuk dari hue (corak), intensity (intensitas) dan saturation (kejenuhan atau jumlah putih pada warna).Seseorang yang mempunyai penglihatan warna normal mampu membedakan kira- kira 128 warna yang berbeda. Dengan warna manusia mampu membedakan satu objek dengan objek yang lain, sehingga manusia dapat terbantukan dalam mengolah data menjadi informasi. Penggunaan warna yang sesuai dengan pengguna akan mempertinggi efektifitas tampilan grafis. Tetapi tidak ada standar yang dapat digunakan sebagai acuan resmi tentang penggunaan warna yang bagus, karena karakteristik orang per orang berbeda dalam hal persepsi tentang warna.
3.      Pendengaran
Pendengaran berkaitan dengan suara dan telinga kita.Maksud dari suara yaitu suara yang dihasilkan oleh komputer. Dengan pendengaran, informasi yang diterima oleh mata akan lebih lengkap dan akurat. Kebanyakan manusia dapat mendeteksi suara dalam kisaran frekuensi 20 Hertz sampai20 Khertz. Selain Frekuensi, suara dapat bervariasi dalam hal kebisingan (loudness). Suara bisikan mempunyai tingkat kebisingan 20 dB, percakapan biasa mempunyai tingkat kebisingan 50 dB sampai 70 dB.Sedangkan kebisingan lebih dari 140 dB dapat menyebabkan kerusakan telinga. Suara ini dapat dijadikan sebagai salah satu penyampaian informasi akan tetapi hal itu dapat menjadikan manusia cepat bosan sehingga penggunaan suara dalam antarmuka perlu pemikiran khusus dan seksama.

4.      Sentuhan
Sentuhan berkaitan dengan kulit manusia yang berfungsi untuk mengenali lingkungan manusia melalui rabaan. Sentuhan memberikan umpan balik atas lingkungan dan juga indra kunci bagi mereka yang mempunyai kekurangan pada penglihatan. Sentuhan merupakan stimulus yang diterima melalui kulit, seperti :
·         Mechanoreceptors, panas dan dingin, suhu
·          Thermoreceptors, sakit
·            Nocioreceptors, tekanan, baik terus-menerus ataupun spontan.
Sensitifitas sentuhan berhubungan dengan aspek ergonomis dalam sebuah sistem baik melalui media inputan maupun media keluaran. Misalnya: Keluhan pada saat menggunakan papan ketik yang harus dilakukan penekanan yang cukup berat atau malah terlalu ringan. Untuk user yang sudah terbiasa menggunakan papan ketik (keyboard) bisa mengetik huruf-huruf tanpa harus melihat keyboard karena user tersebut sudah tahu di mana jari-jari harus ditempatkan.
Kemudian sentuhan pada mouse barangkali juga akan terasa nyaman seperti menyentuh tombol pada papan ketik, yaitu apabila kita merasakan sensasi- sensasi sentuhan. Sebab setiap mouse juga memiliki karakter yang berbeda-beda.Ada yang sedikit saja kita gerakkan, pointernya sudah melakukan perpindahan, dan juga sebaliknya ada yang harus kita berkali-kali baru dia berinteraksi.

5.      Pemodelan Sistem Pengolahan
Manusia dalam interaksi manusia dan komputer dipandang sebagai sistem pemroses informasi:
·         Informasi diterima dan ditanggapi melalui saluran input-output (indera)
·           Informasi disimpan dalam ingatan (memori)
·            Informasi diproses dan diaplikasikan dalam berbagai cara
Sistem pemrosesan manusia merupakan sistem yang sangat kompleks, sulit dimengerti dan tidak bisa diukur secara akurat atau disajikan secara utuh dalam suatu pemodelan.Pendekatan pemodelan dapat disajikan dan berisi 3 (tiga) bagian yaitu pemrosesan persepsi (perceptual processing), pemrosesan intelektual atau kognitif (intelectual or cognitive processing), dan kontrol motorik (motor control) yang ketiganya berhubungan dengan memori manusia.
6.      Pengendalian Motorik
Responder utama pada diri operator manusia adalah dua buah tangan yang berisi 10 jari, dua kaki dan satu suara.Pengendalian motorik pada diri manusia sebenarnya dapat dilatih untuk mencapai taraf kemampuan tertentu.
Contoh : pengetikan 10 jari untukk mendapatkan 1000 huruf permenit barangkali
Kemampuan yang umum, tetapi anda yang mengetik dengan 2 jari, kecepatan 400 huruf permenit-pun barangkali sulit untuk dicapai.Pengendalian motorik ini mempengaruhi bagaimana kita bergerak dan berinteraksi dengan computer.









BAB III
PENUTUP
A.     Kesimpulan
Faktor yang paling penting dalam interaksi manusia dan komputer adalah Manusia.Karena manusia sebagai pembuat dan pengguna sangatlah di utamankan.Faktor manusia dapat dipandang sebagai sistem pemroses informasi.
Ada beberapa aspek faktor manusia dalam melakukan interaksi dengan komputer diantaranya adalah sebagai berikut :
Ø  Penglihatan
Fungsi mata ini untuk   menghasilkan persepsi yang terorganisir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi relatif, tekstur dan warna.
Ø  Pendengaran
Pendengaran berkaitan dengan suara.Suara yang dimaksud disini yaitu suara yang dihasilkan dari komputer itu sendiri.
Ø  Sentuhan
Biasanya pada komputer aspek sentuhan digunakan pada penggunaan papan ketik yaitu tombol-tombol dan juga mouse.
Ø  Pemodelan sistem pengolahan
Model sistem pengolahan manusia terdiri dari pengolahan perseptual, pengolahan intelektual dan pengendalian motorik yang berinteraksi dengan memori manusia.Model sistem komputer terdiri dari pengolahan (Processor) dan memori.
Ø  Pengendalian Motorik
Pengendalian motorik pada manusia dapat dilatih untuk mencapai taraf tertentu seperti
mengetik 10 jari untuk kecepatan 1000 huruf permenit.















DAFTAR PUSTAKA

http://hasanasariputragaza.blogspot.co.id/2015/03/makalah-interaksi-manusia-dan-komputer.html
https://fairuzelsaid.wordpress.com/2011/09/19/interaksi-manusia-dan-komputer-faktor-manusia/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Soal Interaksi Manusia dan Komputer

http://bit.ly/WaternusNggetaWawoIMK